Tidak Hilang, Hanya Tertutup

Suatu hari, saya menemani Zafira bermain sepatu roda, di lapangan depan rumah kakeknya. Di langit, matahari hangat menyinari, tertambah indah saat sore kian menjelang.

Namun beberapa waktu kemudian, tiba-tiba langit menjadi gelap karena mendung tebal menutupi matahari yang sedang kami nikmati hangatnya. “Yaaa, mataharinya hilang Ayah.” Spontan Zafira mengatakannya dan bersiap melepaskan sepatu rodanya.

“Mataharinya bukan hilang kak (sebutan saya untuk Zafira), hanya tertutup mendung, tunggu saja disini, nanti mendungnya pergi, matahari datang lagi. Ya setidaknya sampai hujan turun, matahari akan terlihat kembali.” Saya mencoba menanggapinya. “Atau, saat hujan benar-benar turun nanti, kakak kan bisa sambil mandi hujan, berlari kesana kemari, bahkan menari. Ya, kan?”

“Wah iya… Asyikk… aku mandi hujan… Dan nanti mataharinya muncul lagi ya Ayah. Aku suka matahari yang muncul setelah hujan, biasanya ada pelangi….”

****

Seperti itulah bahagia dalam hidup kita, yang kadang kita mengira ia telah hilang bersebab sebuah masalah ataulah semacamnya. Padahal sesungguhnya, bahagia kita tidak pernah hilang, tidak pernah pergi meninggalkan kita. Tapi praduga, gelisah, khawatir, ketakutan yang berlebihan dan semua yang tidak enak-enak itulah yang membuat bahagia kita tertutup.

Jadi jika kita mampu menyingkirkan kabut dan mendung tebal dihidup kita atau sedikit bersabar hingga mendungnya bergeser, kita pasti bahagia lagi, cerah lagi. Dan bodohnya kita, terkadang lebih sibuk menatap mendung, fokus disitu saja. Padahal sambil menunggu mendung pergi, kita bisa menyeruput kopi, sambil nulis novel, sambil ngobrol, sambil dzikir, sambil shalat. Terlalu banyak cara untuk bahagia, kan gitu yah?

Bahkan, pelangi memerlukan hujan terlebih dahulu untuk terlihat sempurna. Bisa jadi, untuk benar-benar bahagia, kita memerlukan masalah dalam hidup kita, memerlukan sesuatu yang tidak enak (dalam pandangan kita).

Imam Nugroho

Terinspirasi dari tulisan Mba Rindu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *